Jam tangan

5 Kesalahan Saat Mengenakan Jam Tangan yang Sering Tak Disadari

Jam tangan merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menunjukkan waktu di suatu tempat. Namun sepertinya fungsi utama dari jam tangan ini semakin diabaikan seiring dengan perkembangan zaman. Tak sedikit orang yang lebih menitikberatkan pada model dan desain ketimbang kualitas dan fungsi mendasar dari jam tangan itu sendiri. Brand-brand populer seperti jam tangan G-Shock, Seiko, Daniel Wellington, hingga Rolex selalu merilis model jam tangan baru yang stylish dan modis. Namun dalam hal pemilihan model jam tangan, tentu perlu mempertimbangkan berbagai faktor. Kesalahan-kesalahan berikut sebaiknya dihindari ketika akan mengenakan jam tangan.

1.Tidak tahu fungsi jam tangan yang dikenakan
Ketika menggunakan sesuatu, sudah menjadi hal wajib untuk mengetahui fungsi dari setiap bagiannya, termasuk juga jam tangan. Sebelum memilih dan mengenakan sebuah model jam tangan, sebaiknya ketahui dulu fungsi dari setiap fitur yang ada, seperti chronograph yang bisa menampilkan zona waktu kedua berdampingan dengan zona waktu di lokasi pengguna saat ini.

2.Pemilihan jam tangan untuk aktivitas tertentu
Setiap jam tentu memiliki kekhususannya masing-masing. Mulai dari dress watch, sport, hingga casual. Pemilihan jam tangan tentu perlu mempertimbangan aktivitas atau kegiatan apa yang akan dilakukan, karena antar satu model jam tangan dengan model yang lain tentu memiliki psesifikasi yang berbeda pula. Jika salah dalam pemilihannya, bukan tidak mungkin jika jam tangan akan cepat rusak, tak terkecuali pada produk keluaran brand berkualitas sekalipun.

3.Tidak bisa memperkirakan nilainya
Harga menjadi unsur lain yang sering dikesampingkan. Tak sedikit orang lebih meihat dari sisi brand atau tampilan luarnya saja. Sehingga bukan hal yang aneh, ketika seseorang rela mengeluarkan uang dengan nominal yang cukup fantastis untuk memiliki sebuah jam tangan dengan model tertentu. Padahal sebenarnya, jam tangan berkualitas dan stylish tak harus mahal.

4.Memilih bahan strap yang tidak sesuai
Salah satu bagian dari jam tangan yang sangat vital adalah tali atau strap. Terdapat beberapa jenis bahan untuk strap yang biasa digunakan pada jam tangan, yaitu rubber, canvas, kulit, nilon dan stainless steel. Bahan rubber sangat cocok digunakan untuk aktivitas outdoor yang berkeringat. Bahan canvas dan nilon sama-sama tepat digunakan dalam acara-acara formal maupun sangat kasual. Bahan kulit menjadi material strap yang cocok dikenakan dalam hampir segala suasana, baik formal, semi formal maupun casual. Bahan stainless steel sangat tepat digunakan dalam acara formal, namun tidak untuk outdoor, karena bahannya yang cenderung lebih berat dan kurang fleksibel

5.Tidak merawat jam tangan dengan baik
Kesalahan lain yang cukup sering dilakukan oleh sebagian orang adalah tidak merawat jam tangannya dengan baik. Meski termasuk barang yang kecil, namun jam tangan juga bisa dijadikan investasi yang nilai jualnya cukup menjanjikan. Sehingga sebaiknya tidak hanya dikenakan saja, namun keterawatannya juga perlu diperhatikan.

Komentar Dinonaktifkan pada 5 Kesalahan Saat Mengenakan Jam Tangan yang Sering Tak Disadari