Jam tangan

Jangan Sampai Salah Pilih! Perhatikan 7 Hal ini Sebelum Membeli Jam Tangan

Ketika akan membeli sebuah jam tangan, seseorang tentu perlu mempertimbangkan beberapa hal. Kualitas yang diberikan oleh jam tangan original sudah tentu menjadi syarat utama yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa digunakan sebagai acuan ketika memilih jam tangan agar menunjang pemanpilan pemakainya.

1.Bahan Jam Tangan
Bahan standar yang biasa digunakan dalam manufaktur arloji adalah metal atau logam, seperti Stainless Steel. Jam tangan original dan berkualitas tentunya menggunakan besi yang padat dan bukan logam campuran. Hal ini juga mempengaruhi berat per unit jamnya. Jam yang berkualitas biasanya memiliki berat yang lebih dibanding jam yang terbuat dari logam campuran atau bahkan besi hollow.

2.Jenis Kaca
Komponen kaca atau lensa pada sebuah jam tangan merupakan salah satu bagian terpenting. Partisi ini menjadi sisi yang sangat rentan terbentur hingga tergores saat beraktivitas. Saat ini, ada 3 jenis kaca yang paling sering digunakan oleh para manufaktur jam tangan untuk memproduksi lini produk jam tangan mereka, yaitu mineral glass dan sapphire crystal replica. Sapphire crystal adalah jenis yang tidak mudah untuk tergores, dan lebih awet sehingga permukaan kaca jam tangan selalu terlihat rapi dan baru. Tetapi, mineral glass sendiri tidak mudah pecah apabila terbentur dengan benda yang keras, berbeda dengan sapphire crystal yang lebih mudah pecah apabila terbentur

3.Jenis Movement
Saat ini, industri arloji dunia enggunakan setidaknya salah satu dari movement besutan Quartz, Ronda, ETA, Citizen atau Miyota, Casio, atau Seiko. Movement atau mesin penggerak sendiri menjadi komponen penting yang kehadirannya tak bisa digantikan, karena berkaitan langsung dengan fungsi penunjuk waktu pada jam tangan.

4.Locking Deployant
Locking deployant merupakan fitur buka tutup dan peguncian yang ada pada strap jam tangan. Jam tangan yang akan dipilih sebaiknya memiliki sistem locking deployant yang kokoh dengan konstruksi design yang jelas dan tidak ringkih, karena komponen ini menjadi komponen paling krusial dan paling sering dibuka-tutup.

5.Luminasi
Penggunaa jam tangan di lingkungan yang gelap akan sangat terbantu dengan adanya fitur luminasi. Lumination pada jam tangan yang baik diperoleh dari lapisan coating berbahan fosfor bewarna hijau.

6.Sekrup pemutar
Pada jam tangan dengan sistem analog, sekrup pemutar menjadi komponen vital lain yang harus diperhatikan. Sekrup atau yang sering disebut dengan crown pada jam tangan original biasanya memiliki ukiran logo brand produsennya. Detail ini juga sekaligus menjadi pembeda dari jam tangan replika atau tiruannya.

7.Harga yang konsisten
Setelah mempertimbangkan seluruh aspek yang ada, harga menjadi poin terakhir yang turut menjadi penentu. Jam tangan yang baik seharusnya memiliki konsistensi harga yang tidak terlalu berbeda atau mencolok dari seri-seri sebelumnya.

Komentar Dinonaktifkan pada Jangan Sampai Salah Pilih! Perhatikan 7 Hal ini Sebelum Membeli Jam Tangan