Jam tangan

Sebelum Membeli Jam Tangan Anti Air, Ketahui Dulu Jenis-Jenisnya

Aktivitas outdoor menuntut seseorang untuk bisa menyesuaikan diri dengan keadaan, termasuk dalam hal-hal kecil seperti jam tangan. Jam tangan yang dikenakan tentu harus memiliki daya tahan yang tinggi, baik dari sisi bentuk fisiknya hingga keandalan partisinya. Aktivitas outdoor juga membuat para produsen jam terus berinovasi untuk menciptakan sebuah teknologi pada arloji buatan mereka, salah satunya dengan adanya jam tangan ati air.

Apabila diartikan secara sederhana, jam tangan anti air atau water resistant memang bermakna sama dengan namanya. Namun sebenarnya, jam tangan jenis ini masih memiliki pembagian tertentu berdasar ketahanannya untuk menghalau air masuk ke dalam bagian mesin penggerak jam tersebut. Hal ini berkaitan dengan tekanan dan tingkat kedalaman air. Agar lebih jelas, berikut ini adalah pembagian jenis-jenis jam tangan water resistant yang banyak beredar di pasaran.

1.Non Water Resistant
Seperti namanaya, karena bukan jam tangan yang didesain anti air, maka jika jam tangan jenis ini terkena air, baik senagaja atau tidak, risikonya adalah mesin jam bisa rusak karena terjadi kontak langsung dengan air.

2.Water Resistant
Jam tangan dengan keterangan “water resistant” tidaklah benar-benar dapat menghalau air dengan sempurna. Jam tangan ini hanya mampu bertahan dari cipratan air yang ringan saja.

3.Water Resistant 30M (3 ATM/100 feet)
Jenis jam tangan yang satu ini bisa digunakan dalam lingkungan yang basah, seperti ketika mandi, membasuh tangan, hujan, hingga uap air. Maksud dari keterangan dari jam tersebut adalah jam anti air ini telah diuji untuk dapat bertahan selama 30 menit di bawah air pada kedalaman 1 m, dan dengan delama 90 detik di bawah tekanan pada kedalaman 30 meter.

4.Water Resistant 50M (5 ATM/160 feet)
Jam tangan ini memiliki ketahanan air yang lebih tinggi hingga 5 ATM (50 meter), sehingga aitivitas outdoor yang didominasi lingkungan berair bukanlah masalah.

5.Water Resistant 100M (10 ATM/300 feet)
Jam tangan jenis ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang sering berkegiatan di dalam air seperti berenang, snorkeling, ski air, atau bahkan mendaki gunung hingga terjun payun. Jam tangan ini di desain agar bisa bertahan hingga 10 ATM (100 meter).

6.Water Resistant 200M (20 ATM/660 feet)
Karena di desain dengan tingkat ketahanan yang lebih tinggi dari versi sebelumnya, jam tangan yang dapat bertahan hingga 20 ATM (200 meter) ini biasa digunakan oleh penyuka kegiatan selam dan olahraga bawah air lainnya.

7.Water Resistant 300M (30 ATM/1000 feet)
Aktivitas penyelaman yang dalam dengan waktu yang lama seperti scuba diving membuat fitur dalam jam juga perlu berinovasi. Hadirnya jam tangan anti air yang dapat bertahan pada air sedalam 30 meter, selama 2 jam.

8.Water Resistant 500M ( 50 ATM/ 1650 feet)
Jam tangan ini menjadi yang paling andal dalam menangkal air meski pada tekanan yang besar. Dapat digunakan untuk aktivitas selam hingga kedalaman 50 meter, selama 2 jam, dengan pengujian ketahanan air sampai dengan 50 ATM atau 500 meter.

Komentar Dinonaktifkan pada Sebelum Membeli Jam Tangan Anti Air, Ketahui Dulu Jenis-Jenisnya